lokasi

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN ( BPP )TULUNGAGUNG JATIM Jln. Raya Bendil Kel. Panggungrejo Kec. Tulungagung Jawa Timur

Senin, 09 September 2013

Proposal GELAR PAMERAN AGRIBISNIS UNGGULAN DAERAH ( P3UD ) KE XIV TAHUN 2013 BPP KECAMATAN TULUNGAGUNG TANGGAL : 11 S/D 15 SEPTEMBER 2013


bersama : .....Karpani P. Ni.

Disusun
Oleh :

Tim Penyuluh
BPP KECAMATAN TULUNGAGUNG

BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
KABUPATEN TULUNGAGUNG

1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1. Salah satu kendala utama upaya pembangunan pertanian rakyat di wilayah Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah terbatasnya informasi. Keterbatasan informasi ini mencakup informasi yang dapat di akses oleh petani untuk pengembangan usahanya dan informasi yang ada pada pelaku agribisnis lain tentang pertanian di Tulungagung pada umumnya banyak yang belum melaksanakan usahanya berdasarkan analisa pasar.
Pada akhirnya mereka sering mengalami hambatan dalam memasarkan hasil usahanya. Disamping itu, skala usaha yang dilaksanakan sangat kecil sehingga menyebabkan upaya mereka hampir tidak kelihatan hasil produksinya.
Pelaku agribisnis kurang di dukung dengan sistim manajemen pengelola usaha yang tertata baik dari hulu sampai hilir. Terutama dunia usaha, juga kurang optimal mengakses informasi dan usaha pertanian yang dapat mereka manfaatkan.

1.2 Terlambatnya arus informasi ini, mau tidak mau harus segera di atasi secara terencana dan harus terus menerus dan di fasilitasi oleh pemerintah. Petani khususnya dapat dikatakan hampir tidak mampu melaksanakan promosi atas usahanya. Pada sisi yang lain mereka juga tidak mampu mengakses informasi tentang teknologi dan pengusaha, memerlukan media untuk memasyarakatkan teknologi dan bidang usahanya pada sasaran yang tepat pula.

2. Agar upaya pengembangan potensi sektor pertanian bisa terus ditingkatkan. Pemerintah senantiasa menempatkan peran penyuluh pertanian dalam pendampingan petani dan kelompoknya untuk mampu mengatasi kendala-kendala tersebut di atas. Salah satu upaya yang di tempuh adalah memfasilitasi bertemunya para petani agribisnis / pengguna teknologi dengan para pengusaha, pencipta teknologi melalui kegiatan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 adalah oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Tulungagung.
1.2. Maksud dan Tujuan


1. Maksud
Maksud penyelenggaraan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 wilayah Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah :
- untuk mendekatkan hubungan antara Pelaku usaha Agribisnis (Petani dan Pengusaha Pertanian)
- Agar terjadi kemitraan serta mendekatkan hubungan antara petani dengan peneliti di bidang Pertanian, Pengusaha Pertanian, Pelaku Agribisnis dan Pemerintah

2. Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Kegiatan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 adalah:

- Agar terjadi kontak informasi dan teknologi antara produsen dengan konsumen.
- Terjadi kontak kemitraan dan kontak bisnis.
- Terbangunnya pengelolaan usaha yang tertata baik dari hulu sampai hilir.
- Akan mendapat informasi produk apa yang dibutuhkan konsumen / pasar.

II. DASAR PELAKSANAAN

Dasar penyelenggaraan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah sebagai berikut :
1. Panduan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Tulungagung
2. Pelaksanaan Metode Penyuluhan Pertanmian seperti diagendakan dalam Program Penyuluhan Pertanian pada Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung Tahun 2013
4. Momentum peringatan hari Krida Pertanian dan hari Pangan se Dunia Tahun 2013.

III. PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah sebagai berikut :

3.1 Waktu dan Tempat
1. Waktu
Waktu pelaksanaan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 selama 5 ( lima ) hari pada tanggal 11 s/d 15 September 2013.

2. Tempat
Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 bertempat di halaman Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Jl. Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Telp. (0355) 326459 Fax. (0355) 326459.

3.2. Penyelenggara
Penyelenggara Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 adalah Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan ( BKPP ) Kabupaten Tulungagung yang kerjasama dengan Petani, Pengusaha serta didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

3.3 Peserta
Peserta Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 adalah:
a. BPP Kecamatan se Kabupaten Tulungagung bersama petani dan Kelompok tani/ Gapoktan
b. Pelaku Agribisnis dan Agroindustri
c. Koperasi Tani dan dari Pengusaha / Badan / Perorangan yang bergerak dibidang alat dan mesin, elektronika, konveksi, lembaga penelitian dan sebagainya.
3.4. Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah sebagai berikut :
a. Menampilkan produk pertanian berskala luas
b. Menampilkan produk olahan dengan bahan baku produk pertanian
c. Menampilkan hasil teknologi pertanian dengan potensi agribisnis dan pertanian organik
IV. RENCANA BIAYA

Rencana Biaya Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung adalah sebagai berikut :


Stand Pameran 1 unit 700.000
Komsumsi Panitia - Pertemuan panitia 3 kali 150.000
Dokumentasi / Dekorasi/ Spanduk 1 Unit 800.000
Isian pameran 1 Paket1.250.000
Jaga malam 5 malam 300.000
Transportasi 100.000
Lain- Lain 100.000
JUMLAH 3.700.000
( Tiga juta tujuh ratus ribu rupiah )

Sumberdana berasal dari partisipasi/ saham Penyuluh BPP Kecamatan Tulungagung, kelompoktani binaan dan bantuan dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan untuk isian stan sebagian pinjam barang dari pengusaha makanan berupa makanan olahan, dan dari kelompoktani yang berupa antara lain : krupuk rambak, gulapasir, beras serta benih padi dan bibit tanaman untuk barang - barang pinjaman isian ini dibayar yang laku terjual dan dikembalikan berupa barang yang tidak terjual dengan catatan barang masih utuh.

V. PENUTUP

Dengan penyelenggaraan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tulungagung di harapkan :
1. Menjadi media promosi dan pemasaran produk agribisnis khususnya di Kecamatan Tulungagung.
2. Terjadi arus informasi timbal balik teknologi pertanian bisa lebih lancar.
3. Terjadi kontak perdagangan antara pelaku usaha dengan pengguna (user) perihal jaminan pasar dan harga bagi petani.
Diharapkan atas partisipasi semua pihak untuk keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian tujuan Gelar Pameran Agribisnis Unggulan Daerah Ke XIV Tahun 2013 bagi wilayah binaan Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) Kecamatan Tulungagung


Tulungagung, Juli 2013

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN
KECAMATAN TULUNGAGUNG
KOORDINATOR

H.M. SUPARLAN, SP. MMA.
Pembina Tk. I
NIP : 19560507 198002 1 003


Lammpiran : 1
SUSUNAN PANITIA PAMERAN DAN PROMOSI ATAS HASIL PRODUKSI PERTANIAN / PERKEBUNAN UNGGULAN DAERAH ( P3UD ) KE XIII TAHUN 2013 BALAI PENYULUHAN PERTANIAN ( BPP ) KECAMATAN TULUNGAGUNG :

I. PELINDUNG : CAMAT TULUNGAGUNG
II. PENASEHAT : 1. SEKCAM TULUNGAGUNG
2. MANTRI PERTANIAN
3. MANTRI HUTBUN

III. PENANGGUNG JAWAB : KEPALA BPP TULUNGAGUNG
IV. KETUA UMUM : H. SUTINO ( KEL. TERTEK )
WAKIL KETUA : ARIF MUNTOHAR, SP.

V. SEKRETARIS : Karpani P. Ni.
WAKIL SEKRETARIS : SARNI (TAMANAN)

VI BENDAHARA : Ninik Dinorowati, SP
WAKIL BENDAHARA : BA’DIM ( KEL. BAGO )

VII. SEKSI - SEKSI
A. DEKORASI / : 1. SUPRIYANTO
DOKUMENTASI 2. MADARI
3. NURSALIM
4. HARTOYO (PHP)

B. ISIAN STAN : 1. SUPRIYANTO
2. AGUS ( KUTOANYAR )
3. BAKDIM
4. SUGITO
5. NURKHOLIS

C. PERLENGKAPAN / : 1. H. KARMUJI ( KEL. KENAYAN ) UMUM 2. ARIF MUNTOHAR,SP.
3. PINTO
4. NUR HUDA
5. MAHMUD
6. MINTO

D. KONSUMSI : 1. LINDA
2. Esti Wahyuni ,SP.
3. SRI WIDAYATI


E. HUMAS : 1. RUKIYANTO (KTNA BAGO)
2. SUPARMANTO
3. SARNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar